Regenerasi Kepala Desa Tanjung Burung
Kamis, 27 Oktober 2021 12:41:39
DESA TANJUNG BURUNG
Regenerasi Kepala Desa Tanjung Burung

tanjungburung.desa.id,-Pada mulanya desa tanjung burung adalah merupakan bagian dari wilayah desa pangkalan, di karenakan luas wilayah dan juga perkembangan jumlah penduduk yang semakin meningkat sehingga kemudian pada tahun 1984 dimekarkan menjadi "desa tanjung burung" dalam kamus bahasa indonesia kata "tanjung" artinya adalah daratan yang menjorok kelaut, atau daratan yang di kelilingi oleh laut di ketiga sisinya, sedangkan "burung" merupakan analogi bahwa daerah tanjungan tersebut terdapat berbagai macam jenis burung, kemudian kedua kosakata tersebut di padukan menjadi nama Desa Tanjung Burung. Secara geografis desa tanjung burung terletak pada posisi paling utara yang berbatasan langsung dengan laut jawa dan di apit oleh sungai Cisadane di sebelah barat. Sejarah pemerintahan desa tanjung burung di awali pada masa kepemimpinan oleh pejabat sementara yang bernama bapak SURYANA yang di tunjuk langsung oleh camat teluknaga pada masa tugas tahun 1984, yang kemudiab dimana pertama kali dimulainya penyelenggaraan pemilihan kepala desa pertama di desa secara langsung oleh masyarakat setempat hingga sampai saat ini sudah sebanyak enam (6) kali pemilihan kepala desa di laksanakan.

Di Tanjung Burung juga banyak terdapat galangan kapal fibreglass, terutama di kebon kopi. Dan desa ini juga ada peternakan sapi terbesar Se-Kecamatan Teluknaga. Dimana banyak sekali keuntungan yang di dapatkan para pribumi setempat karena dapat mengurangi pengangguran.

Di desa ini juga banyak terdapat empang - empang dan tempat pemancingan. Biasa nya setiap hari minggu atau hari libur banyak warga - warga dari desa lain datang ke desa ini untuk memancing. Di desa ini ada gentong air terbesar yang terbuat dari fibreglass, gentong air ini juga masuk record MURI sebagai gentong air terbesar di Indonesia yang terbuat dari fibreglass. Gentong air ini di buat oleh kemas Watfadir atau adi fiber dan team yang di sponsori oleh bank HSBC & PKPU. Gentong air ini di serahkan ke warga untuk di gunakan sebagai penampungan air bersih, lokasi gentong air ini ada di kampung Tanjung burung Cirumpak.

525
Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image
APBDes 2024

Data belum diinput

APBDes 2023
Dana Desa
Rp 1.358.510.147,0040%
Alokasi Dana Desa
Rp 1.588.173.939,0047%
Penerimaan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp 409.244.125,0012%
Total APBDes 2023
Rp 3.355.928.211,00
100%
Realisasi APBDes 2023

Data belum diinput